Selasa, 07 Februari 2017

PEMASARAN DAN PENJUALAN

0

Bagaimana pendapat dan pandangan seseorang tentang penjualan  dan pemasaran? Sebagai pengantar awal, perhatikanlah gambar di bawah. Setelah anda perhatikan tentu anda akan bisa memperoleh sedikit gambaran tentang penjualan dan pemasaran.

Aktivitas penjualan dan pemasaran

Kebanyakan orang berpandangan bahwa pemasaran dan penjualan adalah sama, mereka berpendapat bahwa pemasaran dan penjualan memiliki arti jualan produk. Padahal sebenarnya kedua istilah tersebut sangatlah berbeda. Sekali lagi, silahkan anda perhatikan gambar diatas untuk bisa melihat perbedaan dari keduanya.

1.       Pengertian pemasaran dan penjualan

Pemasaran adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Sedangkan penjualan merupakan bagian dari kegiatan pemasraan yang hanya focus pada menjual produk, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja.
Ujung tombak dari kegiatan pemasaran adalah penjualan, namun bukan berarti bahwa pemasaran (marketing) sama dengan penjualan (sales).
Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk mendapatkan laba bahkan berusaha meningkatkannya untuk jangka panjang. Tujuan tersebut dapat direalisir apabila penjualan dapat dilaksanakan seperti yang direncanakan, dengan demikian tidak berarti bahwa barang atau jasa yang terjual selalu akan menghasilkan laba, maka faktor-faktor diatas harus mendapat perhatian sepenuhnya bagi perusahaan.
Pemasaran tidak sama dengan penjualan

Perbedaan pemasaran dengan penjualan

Dari pengertian yang ada, sudah jelas bahwa proses pemasaran lebih panjang dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan proses penjualan. Dalam strategi pemasaran terdapat unsur 4P bahkan ada yang menambahkan 7P. Sedangkan penjualan hanya menjadi salah satu bagian dari promotion, sehingga tidak memperhatikan factor lain yang dapat menunjang pemasaran.
Perbedaan penjualan dengan pemasaran dapat digambarkan dalam sebuah tabel berikut :
No
Tinjauan
Penjualan
Pemasaran
1
Penekanan
·      Menekankan pada produk
·      Kebutuhan penjual
·      Menekankan pada keinginan pembeli
·      Keinginan pembeli
2
Orientasi
·      Volume penjualan
·      Hasil jangka pendek
·      Laba usaha dan kepuasan pelanggan
·      Hasil jangka panjang
3
Aktivitas
Focus menjual produk
Keseluruhan system 4P untuk memuaskan konsumen
4
Strategi
Menawarkan kepada pasar dan menarik konsumen agar membeli produk
Selalu menjaga brand image
5
Hubungan dengan konsumen
Hanya sampai proses transaksi jua beli
Tetap terjaga semenjak sebelum transaksi sampai setelah transaksi untuk menjaga loyalitas




1.       Konsep pemasaran dan penjualan

Konsep penjualan
Perusahaan yang menganut konsep penjualan lebih mementingkan penjualan daripada kepuasan konsumen. Penjual tidak segan-segan menggunakan cara-cara (promosi) yang kurang jujur untuk mempengaruhi konsumen agar bersedia membeli.
Perusahaan yang berorientasi pada konsep penjualan (selling concept) hanya menitikberatkan pada penciptaan transaksi penjualan, bukan pembangunan hubungan pelanggan jangka panjang yang menguntungkan. Tujuannya sering berkisar pada cara menjual produk/jasa yang dihasilkan perusahaan dan bukan membuat produk/jasa yang dibutuhkan pasar. Konsep ini berasumsi bahwa konsumen akan terbujuk oleh iklan atau cara penjualan untuk membeli produk dan menyukainya
Konsep pemasaran
Adapun yang berorientasi pada marketing conceptpercaya bahwa sangatlah penting mengetahui akan kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) pasar sehingga mampu memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih baik daripada pesaing. Fokusnya adalah menemukan produk yang tepat bagi pelanggan, bukan memburu pelanggan yang tepat untuk membeli produk perusahaan.
Konsep pemasaran dimulai dengan pasar yang terdefinisi dengan baik, focus pada kebutuhan pelanggan, dan mengintegrasikan semua kegiatan pemasaran yang mempengaruhi pelanggan. Hasilnya, pemasaran mencapai keuntungan dengan menciptakan hubungan yang langgeng dengan pelanggan yang tepat, berdasarkan nilai dan kepuasan pelanggan
Aktivitas para pemasar

Coba kalian diskusikan, apa saja yang harus dilakukan untuk bisa menjadi seorang pemasar yang baik atau penjual yang baik? Tuliskan di kolom komentar!

Video pembelajarannya,bisa disaksikan berikut ini :

0 komentar:

Posting Komentar