Bagaimana pendapat dan pandangan
seseorang tentang penjualan dan
pemasaran? Sebagai pengantar awal, perhatikanlah gambar di bawah. Setelah anda
perhatikan tentu anda akan bisa memperoleh sedikit gambaran tentang penjualan
dan pemasaran.
Aktivitas penjualan dan pemasaran
Kebanyakan orang berpandangan bahwa pemasaran dan
penjualan adalah sama, mereka berpendapat bahwa pemasaran dan penjualan memiliki
arti jualan produk. Padahal sebenarnya kedua istilah tersebut sangatlah
berbeda. Sekali lagi, silahkan anda perhatikan gambar diatas untuk bisa melihat
perbedaan dari keduanya.
1.
Pengertian pemasaran dan penjualan
Pemasaran adalah keseluruhan sistem dari
kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan
harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan
untuk memuaskan konsumen. Sedangkan penjualan merupakan bagian dari kegiatan
pemasraan yang hanya focus pada menjual produk, dan bertujuan
untuk meningkatkan penjualan produk saja.
Ujung tombak dari kegiatan pemasaran adalah penjualan,
namun bukan berarti bahwa pemasaran (marketing) sama dengan penjualan (sales).
Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk mendapatkan laba
bahkan berusaha meningkatkannya untuk jangka panjang. Tujuan tersebut dapat
direalisir apabila penjualan dapat dilaksanakan seperti yang direncanakan,
dengan demikian tidak berarti bahwa barang atau jasa yang terjual selalu akan
menghasilkan laba, maka faktor-faktor diatas harus mendapat perhatian sepenuhnya
bagi perusahaan.
Pemasaran tidak sama dengan penjualan
Perbedaan pemasaran dengan penjualan
Dari pengertian yang ada, sudah jelas bahwa proses
pemasaran lebih panjang dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan proses
penjualan. Dalam strategi pemasaran terdapat unsur 4P bahkan ada yang
menambahkan 7P. Sedangkan penjualan hanya menjadi salah satu bagian dari
promotion, sehingga tidak memperhatikan factor lain yang dapat menunjang
pemasaran.
Perbedaan penjualan dengan pemasaran dapat digambarkan
dalam sebuah tabel berikut :
No
|
Tinjauan
|
Penjualan
|
Pemasaran
|
1
|
Penekanan
|
·
Menekankan pada produk
·
Kebutuhan penjual
|
·
Menekankan pada keinginan
pembeli
·
Keinginan pembeli
|
2
|
Orientasi
|
·
Volume penjualan
·
Hasil jangka pendek
|
·
Laba usaha dan kepuasan
pelanggan
·
Hasil jangka panjang
|
3
|
Aktivitas
|
Focus menjual
produk
|
Keseluruhan system
4P untuk memuaskan konsumen
|
4
|
Strategi
|
Menawarkan kepada
pasar dan menarik konsumen agar membeli produk
|
Selalu menjaga
brand image
|
5
|
Hubungan dengan
konsumen
|
Hanya sampai proses
transaksi jua beli
|
Tetap terjaga
semenjak sebelum transaksi sampai setelah transaksi untuk menjaga loyalitas
|
1.
Konsep pemasaran dan penjualan
Konsep penjualan
Perusahaan yang menganut konsep penjualan lebih
mementingkan penjualan daripada kepuasan konsumen. Penjual tidak segan-segan
menggunakan cara-cara (promosi) yang kurang jujur untuk mempengaruhi konsumen
agar bersedia membeli.
Perusahaan
yang berorientasi pada konsep penjualan (selling concept) hanya
menitikberatkan pada penciptaan transaksi penjualan, bukan pembangunan
hubungan pelanggan jangka panjang yang menguntungkan. Tujuannya sering berkisar
pada cara menjual produk/jasa yang dihasilkan perusahaan dan bukan membuat
produk/jasa yang dibutuhkan pasar. Konsep ini berasumsi bahwa konsumen akan
terbujuk oleh iklan atau cara penjualan untuk membeli produk dan menyukainya
Konsep pemasaran
Adapun yang berorientasi pada marketing conceptpercaya
bahwa sangatlah penting mengetahui akan kebutuhan (needs) dan keinginan
(wants) pasar sehingga mampu memberikan kepuasan yang diinginkan secara
lebih baik daripada pesaing. Fokusnya adalah menemukan produk yang tepat bagi
pelanggan, bukan memburu pelanggan yang tepat untuk membeli produk
perusahaan.
Konsep pemasaran dimulai dengan pasar yang terdefinisi
dengan baik, focus pada kebutuhan pelanggan, dan mengintegrasikan semua
kegiatan pemasaran yang mempengaruhi pelanggan. Hasilnya, pemasaran mencapai
keuntungan dengan menciptakan hubungan yang langgeng dengan pelanggan yang
tepat, berdasarkan nilai dan kepuasan pelanggan
Aktivitas para pemasar
Coba kalian diskusikan, apa saja yang harus dilakukan untuk bisa menjadi seorang pemasar yang baik atau penjual yang baik? Tuliskan di kolom komentar!
Video pembelajarannya,bisa disaksikan berikut ini :
0 komentar:
Posting Komentar